Membuka File *.NEF

Posted: January 2, 2009 by antonsetiawan in Uncategorized
Tags: , , ,

Bagi teman2 yg pernah foto di Jonas Studio, pasti pernah nerima file foto dengan format *.NEF yang katanya cuman bsa di buka di Jonas Studio. Emang sich klo di liat2 harga cetak photo di studio mana aja ngga jauh beda tpi yg bikin saya penasaran koq cuman bisa dicetak di studio itu aja. format *.NEF emang tidak bisa dibuka di sembarang program gambar mulai dari program photonya windows ampe photoshop. tpi ada satu software gambar yg bisa ngebuka file format ini yaitu PICASA 3.0. temen2 tinggal googling terus download softwarenya, dijamin bisa dech soalnya saya sendiri sudah ngebuktiin. jadi klo mo cetak photo ato edit foto dengan format *.NEF nggak harus ke JOnas Studio lagi, kita bsa edit tu foto di rumah.

Comments
  1. denny says:

    Mas bisa bantu kirim email software itu??? tq

  2. xander says:

    mas, saya mw nanya neh mohon pencerahannya..
    baru baru ini saya motret dengan menggunakan file raw, tpi kok knp gak bisa di buka di software PS cs3, Lightroom atwpun di adobe element, itu knp yaah? pdahal sebelum2 nya saya tidak pernah kjadian sperti ini..

    thanks

    • antonsetiawan says:

      saya coba jawab ya mas,
      kemungkinan plugin untuk PS CS 3 ada yg hilang, coba mas reinstall PS nya. thx

  3. Amanda says:

    Makasi bgt infonya,sgt membantu..

    Mmg bnr kl fto djonas mrk blgnya gtu..
    Tp skr uda ada picasa..

  4. makasih informasinya mas, barusan dapet file foto dari konsumen dengan ektensi NEF, bingung juga bukanya, kebetulan sy dah pake picasa jadi tinggal saya coba dan bisa

    thanks
    eriajogja

  5. Harly M Sabwan says:

    file ( nef ) itu tiba tiba ada di kamera sy. trus gmn caranya utk menghilangkannya?

    • pak saya coba jawab y, klo blh tau pake kamera apa y pak? FYI, file .nef itu sama seperti file .raw ato file mentah. untuk ubah bisa ke setting kamera dan ubah format file ketika safe file. thx

  6. Harly M Sabwan says:

    Nikon d3100 bang, Itu settingannya dimna bang, maklum gw pemula bang. Terima kasih

  7. Harly M Sabwan says:

    Dan klo boleh sy minta no handphone yg bisa di hubungi. Terima kasih

    • tod3s says:

      Ubah seting qualitynya jadi Fine aja klo ga mau RAW (.nef), utk foto dgn kualitas tinggi / non kompres emang lebih baik RAW, jangan pelit hardisk dong :D

Leave a Reply

